Profil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Kepulauan merupakan salah satu organisasi pemerintah daerah yang dibentuk sejak pemekaran wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan. Sementara dasar pembentukan Kabupaten Banggai Kepulauan yaitu Undang-Undang Nomor 51 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Buol,Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai Kepulauan. Sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Kepulauan berada di Banggai sekarang Ibu Kota Kabupaten Banggai Laut. Namun,berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2000 pengganti Undang-Undang Nomor 51 Tahun 1999 bahwa Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan di Banggai setelah lima tahun Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan dipindahkan di Salakan. Maka sesuai amanat Undang-undang tersebut pada tahun 2007 dengan penuh rasa tanggungjawab Bupati Banggai Kepulauan Bapak Irianto Malingong, SH.,MM mengambil  langkah untuk memindahkan Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan di Salakan.Sehingga melalui proses pemindahan tersebut semua organisasi perangkat daerah  termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Kepulauan dipindahkan di Salakan.

 

Sebelum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dipindahkan  di Salakan Pejabat Kepala Dinas pertama  adalah Bapak Drs.Sudarlin Thirayo masa kerja 2000 s/d 2003 dengan nama organisasi adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, selanjutnya diganti oleh Bapak Drs.Anwar Hasan masa kerja 2003 s/d 2007 nama organisasi Dinas Pendidikan dan kebudayaan sampai pada proses pemindahan  ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan di Salakan.

Kemudian pada tahun 2008 s/d 2015  berubah  menjadi Dinas Pemuda dan Olah Raga, Pada tahun 2016 s/d sekarang berubah lagi menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sampai saat ini, Pejabat Kepala Dinas selaku Pelaksana Tugas ( Plt ) adalah Bapak Ariyono Orab, S.Pd.,S.Sos.,MM dan ditetapkan menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( 2020 -2022 ) lalu kepemimpinan Selanjutnya Melalui Pelaksana tugas (Plt. Yakni Bapak,Ir.Kodrat. D.Galala.MM) 2022 -2023 selama satu tahun. Dan Hingga kini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Kepulauan di Jabat Oleh Bapak. IKHSAN NURSIN, S.Pd, MM 2023- sampai sekarang.